MATERI-7

KONDISI ALAM NEGARA AMERIKA SERIKAT

  • lokasi    

Amerika Serikat terletak pada 24o33’LU – 70o23’LU dan 172o27’BB – 66o51’BB. Negara ini berbatasan dengan Kanada di sebelah utara, Samuera Pasifik di sebelah barat, Samudera Atlantik di sebelah timur serta Meksiko, Teluk Meksiko dan Kuba di sebelah selatan. Amerika Serikat juga mempunyai negara bagian yang terpisah dari daratan utamanya yaitu Alaska yang terletak di barat laut Kanada.

  • Iklim.

     Amerika Serikat wilayahnya sangat luas dan memiliki beberapa iklim, yaitu iklim continental, iklim sedang, iklim mediteran, iklim subtropik dan iklim dingin/kutub (Alaska). Secara umum Amerika Serikat mengalami empat musim, Yakni musim semi, panas, gugur dan dingin.

     Pada musim dingin suhu udara dapat mencapai -30oC dan suhu pada musim panas mencapai 27oC di kebanyakan wilayahnya. Di bagian gurun bisa mencapai 43oC. Di Alaska, suhu udara lebih rendah karena letaknya dekat dengan kutub. Suhu di wilayah ini bisa mencapai -21oC sampai -30oC pada musim dingin.

    Cuah hujan di wilayah Amerika juga sangat bervariasi. Di pantai barat curah hujan bisa mencapai 2.500 mm/tahun, namun di wilayah gurun dan dataran rendah pedalaman curah hujannya lebih rendah.

  • Bentuk Muka Bumi.
Pegunungan Rocky

     Perhatikan peta Amerika Serikat ! Tampak secara fisik wilayah Amerika Serikat terdiri dari dua rangkaian pegunungan besar yaitu pegunungan Rocky (Rocky Mountain) di bagian barat dan pegunungan Appalachia di bagian timur. Pegunungan Rocky memiliki beberapa puncak yang umumnya tidak terlalu tinggi. Pegunungan Appalachia di bagian timur membentang hampir sejajar Samudera Atlantik sejauh 2.400 km.

    Di antara kedua pegunungan tersebut terletak dataran sangat luas yang disebut Great plains. Sejumlah sungai mengalir melewati dataran tersebut dengan sungai terbesarnya adalah Missisippi. Sungai Missisippi (3.734 km) merupakan terpanjang kedua di Amerika Serikat setelah Sungai Missouri (3.768 km).

     Di Bagian utara yang berbatasan denan Kanada, terdapat sejumlah danau besar atau dikenal Great Lakes. Danau besar tersebut adalah danau Michigan, Danau Huron, Danau Superior, Danau Erie dan Danau Ontario.

  • Geologi.

     Amerika Serikat merupakan negara yang kaya akan sumber daya geologi. Beberapa kekayaan alam tersebut adalah batu bara, minyak bumi, tembaga, posfat, timah dan besi. Kekayaan batu bara Amerika serikat bahkan mencapai seperlima atau 27 % dari cadangan batu bara dunia. Beberapa bahan tambang yang dihasilkan Amerika adalah uranium, bauksit, emas, perak, merkuri, nikel, potash, besi dan gas alam. Serikat juga memiliki dataran yang sangat luas dan cukup suur. Dataran tersebut ditanami serreal, teruatam jagung dan dijadikan daerah peternakan.

  • Flora dan Fauna.

     Pada saat bangsa eropa atang ke Amerika Serikat, bagian timur negara tersebut berupa hutan lebat. Di bagian utara atau di daerah pegunungan banyak ditumbuhi pohon pinus. Di bagian tengan Amerika Serikat (great plains) terdapat padang rumput (praire/steppa) yang sangat luas dari perbatasan dengan Kanada di utara sampai sekitar teluk Meksiko di selatan. Padang rumput tersebut berbatasan dengan gurun di bagian barat Amerika Serikat. Di bagian tenggara dapat dijumpai huta yang menggugurkan daunnyansetiap tahun (deciduous forest). Biasanya terdapat pohon maple, elm dan ek (oak). Poho-pohon conifer yang tinggi dan besar-besr (redwood) banyak tumbuh di daerah pegunungan California.

     Jenis funa yang hidup di Amerika Serikat antara lain  bison, antelop dan beruang di kawasan Miwest, domda dan rusa di kawasan pegunungan, puma di pesisir pasifik, armadilo, selot dan jaguar di kawasan barat daya., opossum, alligator, buaya cardinal di kawasan selatan dan karibu, beruang kutub, anjing laut serta paus di kawasan Alaska.

Bison
  • Keadaan Penduduk.

     Amerika Serikat adalah negara dengan jumlah penduduk terbesar ketiga setelah Cina dan India, yaitu 321,2 juta jiwa (WPDS, 2015). Penduduk aslinya adalah suku Indian yang menurut beberapa ahli sejarah berasal dari Eurasia yang bermigrasi antara 65.000 – 2.500 tahun yang lalu. Migrasi terakhir tejadi sekitar 12.000 tahun yang lalu.

     Jumlah penduduk Indian sebelum kedatangan bangsa Eropa diperkirakan berkisar 2 – 8  juta jiwa. Pada tahun 1890. Diperkirakan jumlahnya tinggl 250.000 jiwa. Kedatangan bangsa Eropa membuat suku Indian semakin terpinggirkan secara jumlah dan social ekonomi. Selain Indian terdapat orang Eskimo di Alaska yang jumlahnya relative kacil.

     Pada saat ini, penduduk Amerika Serikat terdiri atas orang-orang kulit putih yang sebagian besar berasal dari Inggris dan Irlandia dan orang-orang kulit hitam atau negro yang berasal dari Afrika. Selain itu ada juga orang-orang Asia, seperti: Cina, India, Jepang dan Vietnam serta penduduk asli yaitu Indian.

     Sebagaimana negara maju lainnya, sebagian besar penduduk Amerika bekerja di luar sector pertanian atau yang mengendalikan sumber daya alam. Komposisi penduduk berdasarkan sektor pekerjaannya yaitu sektor manajerial, professional dan teknik (34 %), penjualan dan perkantoran (25 %), manufaktur, tranportasi dan perikanan hanya digeluti oleh sebagian kecill (0,7 %) penduduknya (NationMaster, 2006).

TUGAS

Apakah ada pengaruh antara keadaan alam negara Amerika Serikat dengan sebaran penduduknya ? Jelaskan jawabmu !

Buat situs web Anda dengan WordPress.com
Mulai
%d blogger menyukai ini: