Kisi-Kisi

KISI-KISI ULANGAN SEMESTER

Satuan Pendidikan      : SMP Negeri 2 Selong

Semester/T.P.              : Semester Ganjil T.P 2020/2021

Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Sosial

Kelas                           : IX (Sembilan)

Bentuk Soal                : Pilihan Ganda

NOKI/KDMATERI/INDIKATORJML SOAL
13.1Menjelaskan kondisi geografis Benua Asia dan Benua lainnya, termasuk letak dan luas, iklim, geologi, rupa bumi, tata air, tanah, flora dan fauna melalui peta rupa bumi

1. Menyebutkan batas Benua Asia bagian selatan.
2. Disajikan data nama-nama benua, peserta didik mengurutkan benua dari yang terluas.
3. Menyebutkan salah satu negara di kawasa Asia yang wilayahnya paling luas.
4. Disajikan data nama-nama samudera, peserta didik menyebutkan samudera yang membatasi benua Amerika bagian utara.
5. Menjelaskan alasan Eropa dan Asia dianggap sebagai benua yang berbeda.
6. Disajikan data iklim berdasarkan letak lintangnya, peserta didik menyebutkan iklim di benua Afrika berdasarkan letak lintangnya.
7. Disajikan data iklm subtropik, peserta didik menyebutkan waktu tiba musim dingin di negara yang beriklim subtropics.
8. Ditampilkan gambar gunung, peserta didik dapat menyebutkan salah satu nama gunung di Jepang.
9. Ditampilkan gambar fauna, peserta didik dapat menyebutkan salah satu fauna di Amerika Serikat.
10. Ditampilkan peta, peserta didik dapat menyebutkan letak zona atau kawasan peta tersebut.
10                                                                                                                   
 23.1Memahami Sumber Daya Manusia di Benua Asia dan Benua Lainnya, misalnya jumlah, sebaran, dan komposisi, pertumbuhan, kualitas (pendidikan, kesehatan, kesejahteraan serta keragaman etnik.

11. Menjelaskan salah satu alasan penduduk Jepang mengalami penurunan.
12. Menjelaskan alasan penduduk Mesir lebih banyak tinggal di sepanjang Sungsi Nil dan delta atau muaranya.
13. Menyebutkan salah satu benua yang pertumbuhan penduduknya rendah.
14. Menyebutkan salah satu indicator bahwa tingkat kesehatan penduduk di Jepang tinggi.
       4                                            
3.3.2Memahami bentuk-bentuk  perubahan kehidupan social budaya Bangsa Indonesia, factor-faktor penyebab dan factor-faktor penghambatnya.

15. Disajikan data, peserta didik dapat menjelaskan bentuk perubahan budaya.
16. Menyebutkan salah satu factor penyebab perubahan social budaya yang berkatian dengan demografi.
17. Menyebutkan salah satu contoh perubahan sosian budaya yang pengaruhnya kecil.
18. Menyebutkan salah satu factor penghambat perubahan social budaya.
19. Memberi contoh perubahan social budaya dalam waktu yang cepat.
20. Menjelaskan bonus demografi.
21. Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat menganalisis penemuan baru yang ada rangkaiannya dengan pembaharuan berikutnya di bidang transportasi.
22. Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat menganalisis perubahan social budaya di bidang social.
       8                                                                                
  Menganalisis konsep dan bentuk globalisasi dalam bidang iptek, ekonomi, komunikasi, transportasi, budaya. Dampak positif dan negatif globalisasi terhadap kehidupan kebangsaan. Memahami dan menjelaskan upaya menghadapi globalisasi untuk memperkokoh kehidupan kebangsaan.

23. Menyebutkan hal-hal yang perlu dilakukan agar tidak ketinggalan pada era globalisasi.
24. Memberi satu contoh globalisasi di bidang ekonomi.
25. Ditampilkan gambar permainan tradisional, sebagai salah satu upaya menyaring (mem-filter) arus globalisasi.
26. Memberi contoh lunturnya jiwa nasionalisme, nilai dan semangat kekeluargaan serta musyawarah mufakat di lembaga perwakilan rakyat sebagai indikasi dampak negatif globalisasi(westernisasi).
27. Memberi contoh perilaku westernisasi.
28. Menganalisis perilaku pelajar dalam menyikapi perubahn social dan globalisasi.
29. Menganalisis upaya yang dilakukan dalam menyikapi globalisasi di bidang komunikasi.
30. Disajikan pernyataan-pernyataan upaya menghadapi globalisasi, peserta didik dapat menganalisis upaya menghadapi globalisasi di bidang budaya.
8
JUMLAH SOAL30 

Jumlah Soal                 : 30

Buat situs web Anda dengan WordPress.com
Mulai
%d blogger menyukai ini: