Materi-21

PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA

  1. Pengertian Perubahan Sosial Budaya
  2. Perubahan social budaya adalah perubahan daalam masyarakat yang berkaitan dengan perubahan pada lembaga social, nilai social, pola perilaku, organisasi, keIKlompok social dan lapisan social.
  3. Perubahan social budaya menurut William Ogburn dalam Elly Setiadi (2011) adalah mencakup perubahan pada unsur-unsur kebudayaan baik yang bersifat materiil maupun bersifat nonmaterial (immaterial)
  4. Pengertian Modernisasi menurut Koentjoroningrat adalah suatu usaha untuk hidup sesuai dengan zaman atau konstelasi dunia sekarang.
  5. Pengertian Globalisasi menurut Selo Sumardjan (1962) adalah terbentuknya system organisasi dan komunikasi antarmasyarakat di seluruh dunia untuk mengikuti system dan kaidah yang sama secara cepat.

          Perubahan bangsa Indonesia dari sebelum merdeka menjadi bangsa yang merdeka. Cari dan amatilah gambar keadaan bangsa Indonesia ketika terjadi penjajahan, proklamasi kemerdekaan, pembangunan yang makin maju sampai kebebasan berbicara mulai diundangkan, kemudian berdampak pada demonstrasi. Perubahan social budaya meliputi berbagai hal seperti cara berpikir, berperilaku dan alat-alat.

           Kingsley Davis dalam Soeryono Soekanto (2014) mengatakan bahwa perubahan social budaya merupakan bagian dari perubahan kebudayaan. Perubahan kebudayaan mencakup: kesenian, ilmu pengetahuan, teknologi dan filsafat. Menurutnya perubahan social sebagai perubahan pada sistem social, struktur dan fungsi masyarakat. Perubahan social misalnya perubahan perilaku remaja, perubahan nilai dan norma dalam masyarakat, perubahan pada peran perempuan dan laki-laki. Budaya dapat diartikan sebagai hasil cipta rasa karsa manusia. Hal-hal yang termasuk perubahan budaya adalah perubahan alat transportasi, alat komunikasi dan lain-lain. Berdasarkan contoh di atas, terlihat bahwa perubahan social dan perubahan budaya saling berkaitan.

  • Bentuk Perubahan Sosial Budaya.

Perubahan social budaya dalam masyarakat sangat beragam baik bentuk maupun jenisnya. Untuk mempermudah mempelajari bentuk perubahan social budaya perlu diklasifikasikan.

  1. Perubahan Dilihat dari Waktunya

     Perubahan social yang terjadi mempunyai kecepatan atau waktu yang berbeda-beda antara msyarakat satu dengan masyarakat yang lain. Untuk mengetahui gambaran yang lebih jelas tentang perubahan social budaya yang lambat dan cepat cari dan amatilah gambar 2.5. dan 2.6. di buku paket IPS Klas IX.

  1. Perubahan Sosial Lambat atau Evolusi

     Perubahan social lambat dikenal juga dengan evolusi. Perubahan social pada masyarakat tradisional dapat dikategorikan perubahan social lambat. Contohnya adalah kehidupan masyarakat primitive, perubahan masyarakat Indonesia pada masa pra aksara. Lamanya waktu yang diperlukan dalam perubahan mata pencaharian masyarakat dari masa berburu dan meramu, bercocok tanam dan beternak, masa pertanian dan masa perundagian dapat dicontohkan untuk perubahan evolusi.

  • Perubahan Sosial Cepat atai Revolusi

     Revolusi industry merupakan perubahan social budaya yang dapat dikategorikan dalam perubahan social cepat. Revolusi industry sebenarnya berlangsung cukup lama yaitu tahun 1750-1850. Namun karena revolusi industry mengakibtkan perubahan secara besar-besaran maka waktu 100 tahun bukan menjadi waktu yang lama. Untuk itulah revolusi industry tetap dikategorikan dalam perubahan social budaya yang cepat. Apakah yang dimaksud perubahan social budaya cepat atau revolusi ? Revolusi adalah perubahan social yang berlangsung dalam waktu yang cepat dan hal-hal mendasar dalam masyarakat ikut mengalami perubahan. Perubahan besar apa saja yang terjadi sebagai akibat revolusi dari revolusi industry ? Perubahan besar terjadi di bidang pertanian, manufaktur, pertambangan, transfortasi dan teknologi. Revolusi industry dimulai di Britania Raya dan menyebar ke seluruh Eropa Barat, Amerika dan Jepang. Revolusi Inggris dianggap sebagai pelopor rvolusi di negara lain. Revolusi industry membawa akibat alam berbagai bidang kehidupan bagi nearanya ataupun bagi negara lain, antara lain:

  1. Proses mekanisme dalam usaha industry
  2. Perdagangan makin berkembang
  3. Transportasi lancer
  4. Berkembangnya urbanisasi
  5. Terjadinya kesenjangan social

Selain akibai di atas, setelah adanya revolusi industry terjadi perubahan pada sendi atau dasar kehidupan masyarakat terutama pada lembaga kemasyarakatan. Revolusi industry mengubah pola hubungan antara buruh dan majikan, system kekeluargaan dan sebagainya Pada dasarnya perubahan social budaya yang cepat atau revolusi dapat terjadi tanpa direncanakan atau direncnakan terlebih dahulu.

Perubahan Dilihat dari Pengaruhnya.

  1. Perubahan yang Pengaruhnya Kecil

     Apakah kamu pernah memotong rambut sesuai dengan gaya rambut terbaru yang sedang tren ? Bukankah ketika memilih baju kamu akan memilih yang sesuai dengan model saat ini ? Apakah terjadi perubahan model baju yang kamu pakai tahun ini sama dengan tahun kemarin ? Apakah semua orang mengikuti model rambut atau gaya berbusana yang sedang popular ? Perubahan yang pengaruhnya kecil diikuti oleh sebagian kecil orang. Perubahan ini tidak membawa perubahan mendasar pada bidang kehidupan. Apakah kamu dapat memberikan contoh perubahan yang pengaruhnya kecil ? Apakah yang dimaksud dengan perubahan yang pengaruhnya kecil ? Perubahan yang pengaruhnya kecil merupakan perubahan yang tidak membawa perubahan pada unsur struktur social masyarakat. Perubahan yang pengaruhnya kecil artinya perubahan tersebut hanya dianut oleh sebagian kecil orang yang menyukainya saja sehingga perubahan ini tidak membawa pengaruh berarti bagi sebagian besar masyarakat.

  • Perubahan yang Pengaruhnya Besar

     Pada bentuk perubahan sebelumnya kamu telah membahas materi tentang revolusi sebagai perubahan yang mempengaruhi sendi-sendi dan dasar kehidupan masyarakat. Perubahan semacam ini termasuk bentuk perubahan yang pengaruhnya besar. Lalu apakah yang dimaksud dengan perubahan yang pengaruhnya besar ? Perubahan yang pengaruhnya besar adalah perubahan yang membawa perubahan dalam sendi-sendi kehidupan dalam suatu masyarakat. Dapatkah kamu memberikan contoh mengenai perubahan yang pengaruhnya besar ? Industrialisasi merupakan proses perubahan social ekonomi yang mengubah system mata pencaharian masyarakat agraris menjadi masyarakat industry. Di manakah kita dapat menemukan industrialisasi ? Proses industrialisasi dapat ditemukan pabrik-pabrik untuk kepentingan industry sebagai bagian dari proses industrialisasi. Dapatkah kamu menemukan contoh lain berkaitan dengan perubahan social yan pengaruhnya besar ?

  • Perubahan Dilihat dari Perencanaannya
  • Perubahan yang Direncanakan/Planned Change

     Mengapa pembangunan jalan dikategorikan dalam perubahan social budaya yang direncanakan ? Perubahan yang direncanakan atau planned change merupakan perubahan yang memang diinginkan dan dikehendaki oleh masyarakat atau pihak yang menginginkan perubahan. Pembangunan dapat dikatakan sebagai contoh perubahan social yang dikehendaki dan direncanakan. Salah satu contoh pembangunan yang dilakukan di Indonesia adalah pembangunan jalan. Kondisi jalan di Indonesia berbeda-beda terdapat jalan yang sudah tertata dengan baik, misalnya beraspal mulus, dan terdapat jalan yang kondisinya belum beraspal. Jalan yang terdapat di suatu daerah bermacam-macam, ada jalan nasional dan jalan daerah. Jalan nasional adalah jalan penghubung antarprovinsi yang dibangun untuk memperlancar transportasi lintas nasional, sehingga langsung menjadi tanggung jawab negara. Sedangkan jalan daerah merupakan jalan penghubung antardaerah di dalam provinsi. Jalan penghubung antar kabupaten/kota menjadi tanggung jawab pemerintah provinsi, sedangkan jalan penghubung antarkecamatan merupakan tanggung jawab pemerintah kabupaten. Siapakah yang merencanakan pembangunan jalan ? Pembangunan jalan direncanakan oleh pihak-pihak yang merencanakan perubahan atau biasa disebut agent of change. Siapa yang dapat dikategorikan sebagai agent of change ? Pemerintah, masyarakat, atau tokoh masyarakat dapat menjadi contoh pihak yang berperan dalam merencanakan perubahan. 

     Dapatkah kamu menyebutkan contoh lain tentang perubahan social yang direncanakan ?  Selain pembangunan jalan sebagai perubahan social yang direncanakan, dapat dicontohkan pula penerapan teknologi dalam kegiatan pendidikan. Penerapan Buku Sekolah Elektronik, termasuk perubahan yang direncanakan. Pembangunan di bidang ilmu pengetahuan dan pendidikan tersebut juga merupakan perubahan social budaya yang dikehendaki atau direncanakan. Pembangunan di bidang pendidikan ditujukan untuk mengejar ketertinggalan bangsa dari laju pertumbuhan bangsa lain. Pembangunan di bidang ilmu pengetahuan dan pendidikan akan mendukung peningkatan kemampuan sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu berdaya saing. Penerapan teknologi dalam bidang pendidikan dilakukan untuk mempermudah proses pembelajaran.

  • Perubahan Yang Tidak Direncanakan/Unplanned Change

     Apakah perubahan yang terjadi akibat dari bencra alam direncanakan sebelumnya ? Apa yang dimaksud dngan perubahan yang tidak direncankn ? Perubahan social budaya yang tidak direncanakan adalah perubahan yang terjadi di luar jangkauan pengawasan masyarakat. Bencana alam seperti gununf meletus, gempa, banjir dan sebagainya akan membawa perubahan bagi masyarakat yang mengalaminya. Perubahan social budaya yang tidak direncanakan terkadang terjadi sebagai akibat perubahan yang direncanakan. Sebagai contoh, perubahan penggunaan traktor dalam teknologi pertanian merupakan sebuah perubahan yang direncanakan. Kemajuan dan penerapan teknologi tersebut menguntungkan petani karena menghemat tenaga, waktu dan biaya. Namun di sisi lain menimbulkan dampak yang tidak direncakan, misalnya, banyak buruh tani yang kehilangan pekerjaan karena tenaganya telah digantikan mesin. Selain itu, dampak lainnya adalah memudarnya nilai kegotongroyongan warga masyarakat dalam mengerjakan lahan pertaniannya.

  • TUGAS

Carilah gambar atau artikel dari berbagai media massa, baik cetak maupun elektronika ? Gambar tersebut berkaitan dengan bentuk perubahan evolusi, revolusi, perubahan yang pengaruhnya kecil, perubahan yang pengaruhnya besar, perubahan yang direncanakan dan perubahan yang tidak direncanakan. Gambar yang berasal dari media elektronika di print out terlebih dahulu. Guntinglah gambar yang kalian peroleh, kemudian tempel pada kertas HVS hingga menjadi kliping ! Selamat bekerja.


 

Buat situs web Anda dengan WordPress.com
Mulai
%d blogger menyukai ini: