Materi-24

GLOBALISASI

      Pada materi sebelumnya kita telah membahas tentang perubahan social budaya. Proses perubahan social budaya di era modern berkaitan erat dengan globalisasi. Globalisasi menciptakan masyarakat dunia saling bergantung dalam berbagai bidang kehidupan. Ketergantunan antara satu negara terhadap negara lain, misalnya dalam hal sumber pangan. Ada negara yang mengalami kelebihan pangan namun ada juga negara yang kekurangan bahan pangan.Kenyataan ini mengakibatkan negara yang kekurangan membutuhkkan pasokan bahan makanan dari negara yang kelebihan bahan pangan. Indonesia mengimpor beras dari negara lain adalah salah satu contohnya. Hal ini menunjukkan bahwa negara Indonesia masih membutuhkan negara lain untuk membantu memenuhi kebutuhan warganya.

      Globalisasi diambil dari kata global (universal). Orang yang pertama kali menggunakan itilah globalisasi adalah Theodore Levitte pada tahun 1985. Apa yang dimaksud dengan globalisasi? Menurut Waters dalam Kamanto Sunarto (2004), globalisasi adalah suatu proses social yang di dalamnya kendala geografi terhadap penaturan social dan budaya menjadi surut dan manusia menjadi semakin sadar bahwa pengaturan tersebut menjadi semakin surut. Globalisasi menjadikan seluruh bangsa dan negara di dunia semakin terkait, mewujudkan suatu tatanan kehidupan baru dengan meniadakan batas geografis, ekonomi, social dan budaya. Selain itu, globalisasi mengubah dunia menjadi satu kesatuan yang terwujud dalam bentuk keterkaitan antarbangsa dan antarmanusia. Keterkaitan itu dapat melalui berbagai macam kontak seperti perdagangan, komunikasi, investasi, perjalanan dan budaya.

      Keadaan saling bergantung dan membutuhkan itu tidak hanya terjadi di bidang industry saja, melainkan hampir di semua bidang kehidupan baik iptek, komunikasi, ekonomi, transportasi ataupun budaya. Untuk mengetahui, bentuk globalisasi, dampak positif dan negative globalisasi, serta upaya dalam menghadapi globalisasi marilah kita ikut pembahasannya dengan seksama!

BENTUK GLOBALISASI

      Globalisasi  telah melanda berbagai bidang kehidupan. Globalisasi ditandai dengan persamaan dalam berbagai bidang kehidupan di semua negara di dunia. Adapun bentuk-bentuk globalisasi terjadi dalam bidang-bidang berikut:

a).  Globalisasi Bidang Budaya

            Bagaimana sikap kalian ketika berpamitan kepada orang tua untuk berangkat ke sekolah? Mencium tangan kedua orangg tua adalah salah satu tradisi khas yang dimiliki bangsa Indonesia. Tradisi semacam ini ditemukan di hampir sebagian besar daerah di Indonesia. Tradisi ini belum tentu dapat ditemukan di negara atau wilayah lain di dunia. Di luar negeri kita akan menemukan laki-laki mencium tangan perempuan sebagai bentuk penghormatan atau tradisi mencium pipi kiri dan kanan ketika bertemu. Lalu bagaimana globalisasi budaya yang melanda Indonesia? Globalisasi dalam bidang budaya memberikan manfaat misalnya memperkaya budaya bangsa. Namun di sisi lain memberikan ancaman terhadap keberadaan budaya local bangsa.

            Apa contoh dari penyeragaman atau homogenisasi dalam globalisasi budaya? Globalisasi budaya dalam hal bahasa misalnya, bahasa Inggris merupakan salah satu contoh bahasa dunia. Semua orang belajar bahasa Inggris untuk dapat berkomunikasi dengan masyarakat dunia. Dapatkah kamu menemukan contoh globalisasi budaya dalam nilai, lembaga, symbol, alat-alat atau pakaian?

           Dalam globalisasi budaya disebarkanlah kesamaan semua kebudayaan di dunia. Di zaman sekarang budaya local dan tradisional terkadang muncul dalam komunitas kecil saja, terpaku pada ruang dan waktu serta biasanya diperagakan, diciptakan ulang secara tatap muka. Namun budaya global sudah pasti akan melintasi ruang dan waktu melalui teknologi komunikasi dan transportasi. Budaya global akan masuk ke negara mana sja yang mengikuti arus globalisasi. Dengan globalisasi budaya semacam ini pelan-pelan budaya local dapat tergeser. Namun saat ini banyak yang sudah mulai menggabungkan budaya local dan budaya global yang mereka sebut globalisasi. Misalnya saja, di beberapa kafe berkelas saat ini ditemukan budaya-budaya local khas setempat seperti becak, dokar kecil, sepeda ontel dan sebagainya.

      b)  Globalisasi Bidang Komunikasi

                  Apakah yang dimaksud dengan komunikasi? Komunikasi merupakan proses penyampaian pesan atau informasi dari satu pihak ke pihak lain. Globalisasi dalam bidang komunikasi dapat dilihat dari kemajuan teknologi komunikasi. Awalnya masyarakat Indonesia berkomunikasi dengan cara tradisional. Kemudian mulai mengalami perkembangan dalam teknologi telepon, handphone, internet, serta media social yang ada sekarang ini.

                 Perkembangan teknologi komunikasi mampu mendekatkan yang jauh. Interaksi antar satu orang dengan orang lain saat ini tidak harus dilakukan secara tatap muka karena banyak media yang dapat digunakan untuk berkomunikasi untuk mengakses informasi dengan cepat dan mudah sehingga dianggap lebih efektif dan efisien.

c)  Globalisasi Bidang Ekonomi

          Globalisasi di bidang ekonomi merupakan suatu aktivitas ekonomi dan perdagangan secara global dan terbuka. Dalam globalisasi ekonomi berbagai negara di dunia menjadi pasar yang satu dan semakin terintegrasi tanpa mengenal batasan teritorial atau kewilayahan suatu negara. Globalisasi ekonomi memang berkaitan erat dengan dengan perdagangan bebas (free trade). Tahukah kamu maksud dari perdagangan bebas? Perdagangan bebas adalah system perdagangan yang makin luas dan menghilangkan hambatan-hambatan tidak lancarnya perdagangan internasional. Perdagangan bebas lebih lanjut akan dibahas dalam bab III. Kerjasama di bidang ekonomi antarnegara telah menyatukan negara yang terlibat dalam organisasi internasional. Di Eropa terdapat European Free Trade Association (EFTA), dan European Community (EC). Di kalangan negara-negara pengekspor minyak terdapat Organization of Petroleum Exporting Countries (OPEC), sedangkan negara-negara lain juga membentuk organisasi kerjasama ekonomi.

          Selain dibentuknya organisasi internasional yang menandai globalisasi ekonomi masih ada perusahaan berskala internasional seperti Pepsi, Cola, McDonald, KFC dan sebagainya. Semua ini merupakan perusahaan tertentu di bidang ekonomi dunia. Perusahaan mereka tidak lagi di satu negara, tetapi di seluruh dunia, seolah dunia telah menjadi satu pasar, tidak ada lagi batas-batas yang menghambat operasi mereka. Adapun ciri-ciri yang menandai globalisasi ekonomi sebagai berikut:

  1. Beroperasinya suatu perusahaan di lebih dari satu negara. Perusahaan ini memproduksi dan menjual hasil produksinya secara internasional.
  2. Perubahan dalam mencari keuntungan yang kompetitif dan memaksimalkan laba dengan terus-menerus mencari lokasi produksi paling efisien dan murah.
  3. Memiliki kemudahan jangkauan geografis yang membuat perusahaan dengan cepat memindahkan berbagai sumber dan operasi di seluruh dunia.
  4. Menguasai tiga perempat perdagangan dan sekitar sepertiga dari seluruh output perekonomian global.
  5. Adanya penghapusan seluruh batasan dan hambatan terhadap arus modal, barang dan jasa.
  6. Batas suatu negara akan menjadi kabur.
  7. Keterkaitan antara ekonomi nasional dan internasional semakin erat.
  8. Membuka peluang pasar produk dari dalam negeri ke pasar internasional secara kompetitif.
  9. Membuka peluang bagi masuknya produk global ke pasar domestic.

Globalisasi ekonomi diakui telah mampu meningkatkan produksi global. Tidak dipungkiri suatu negara akan mengalami peningkatan kemakmuran. Mengapa demikian? Perdagangan bebas memungkinkan masyarakat berbagai negara lebih banyak mengimpor barang dari luar negeri sehingga konsumen lebih variatif dalam menikmati barang dengan harga yang lebih rendah dan lebih baik. Namun begitu globalisasi ekonomi dapat menyebabkan sector keuangan semakin tidak stabil dalam suatu negara.

Tekanan dalam globalisasi ekonomi adalah terletak pada pernyataan bahwa perekonomian nasional sutatu negara menjadi bagian dari perekonomian global. Hal ini ditandai dengan adanya kekuatan pasar dunia. Globalisasi dalam bidang ekonomi merupakan tanda utama dari gejala proses terjadinya globalisasi. Perdagangan dan kegiatan ekonomi yang menandai globalisasi dalam bidang ini ddi antaranya terlI

hat pada aspek produktif, pembiayaan, tenaga kerja, jaringan informasi dan perdagangan.

  1.  Globalisasi Bidang IPTEK

 Mobil internet keliling yang diperuntukan bagi pada pengguna internet tentu memberikan manfaat. Biasanya anak-anak akan senang dengan kehadiran mobil internet keliling semacam ini. Anak-anak sekarang sudah terampil dalam mengoperasikan berbagai teknologi. Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mendorong semakin cepatnya globalisasi. Ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) merupakan kekuatan utama dalam meningkatkan kesejahteraan yang berkelanjutan dan peradaban suatu bangsa. Apa yang dimaksud dengan ilmu pengetahuan dan teknologi? Ilmu pengetahuan merupakan upaya mencari pengetahuan yang dapat diuji dan diandalkan serta dilakukan secara sistematis menurut tahapan yang teratur dan berdasarkan prinsip serta prosedur tertentu. Sementara teknologi merupakan seluruh perangkat, ide, metode, teknik atau benda-benda material yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Pada dasarnya ilmu pengetahuan merupakan teori-teori yang dirumuskan secara tetap sementara teknologi adalah praktik atau ilmu terapan dari teori yang berasal dari ilmu pengetahuan. Dapatkah kamu menemukan contoh perkembangan iptek yang membawa manfaat besar dalam kehidupan manusia?

  Jenis-jenis pekerjaan yang sebelumnya menuntut kemampuan cukup besar kini relative sudah tergantikan oleh perangkat mesin. Kemajuan iptek yang telah kita capai memberikan banyak kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupan manusia. Apakah kamu dapat dengan mudah mencari sumber informasi dari teknologi internet? Atau kamu dapat dengan mudah berkomunikasi dengan teman menggunakan teknologi ataupun media social? Perkembangan iptek tidak bisa dihindarkan oleh sebagian besar lapisan masyarakat dunia. Penggunaan teknologi computer, facsimile, handphone, siaran televise, serta satelit telah mempercepat aliran informasi menembus batas dunia.

           Tujun utama perkembangan globalisasi iptek adalah perubahan kehidupan masa depan manusian yang lebih bail, mudah murah, cepat dan aman. Dengan teknologi yang berkembang kita dapat melakukan segala sesuatu dalam waktu yang singkat secara cepat. Globalisasi iptek sendiri membawa pengaruh besar dalam berbagai bidang kehidupan. Dapatkah kamu menunjukkan contohnya?

           Sudahkah kalian melakukan kegiatan di atas? Kemajuan di bidang iptek menjadikan interaksi manusia dengan manusia yang lain seakan tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Kapan dan dimanna saja manusia dengan berbagai perangkat dan pengetahuannya dapat dengan mudah menjalin hubungan, mendapatkan informasi ataupun menyebarkan informasi ke orang lain. Iptek telah memberikan kemudahan dalam pergaulan hidup manusia.

  • Globlalisasi Bidang Transportasi

     Di Jepang ada salah satu kereta yang diberi nama Shinkansen. Dengan kecepatan melaju hingga 300 km/jam. Shinkansen menjadi pilihan utama warga negara Jepang dalam menempuh perjalanan antarkota. Sebagai contoh, perjalanan antar Tokyo-Kyoto yang berjarak 700 km bisa ditempuh dalam waktu 2,5 jam. Apa yang dimaksud dengan transportasi? Transportasi adalah pemindahan barang atau manusia dari tempat satu ke tempat yang lain. Peranan transportasi sangatlah penting dalam satu negara. Produsen, distributor atapun konsumen membutuhkan transportasi dalam melakukan aktivitasnya.

     Setelah berlansungnya industrialisasi, bermunculan berbagai penemuan baru, inovasi, dan pembaharuan terhadap berbagai alat transportasi. Batas-batas wilayah dunia semakin tidak tampak lagi dengan kecanggihan alat transportasi. Mobolitas manusia juga semakin banyak karena semakin beragamnya alat transportasi yang dapat digunakan. Kemajuan teknologi menyebabkan perkembangan transportasi semakin canggih. Dengan teknologi yang semakin canggih, manusia dapat mengangkut manusia atau barang dalam jumlah besar dalam waktu singkat. Misalnya pada masa lalu, untuk menjual berbagai hasil hutan dari Sumatra ke Jawa, masyarakat menggunakan kapal besar kemudian singgah di berbagai pelabuhan untuk beristirahat atau melakukan jual beli dengan penduduk. Manusia memerlukan waktu berhari-hari bahkan berbulan-bulan untuk memperoleh barang yang dibutuhkan dari daerah lain.

     Pada masa sekarang manusia dapat memperoleh barang dan jasa dalam waktu yang singkat. Kebutuhan hasil kerajinan seperti sepatu dari Bandung, Jawa Barat, dapat dipesan langsung dari Sulawesi melalui komunikasi internet dan jaringan telepon. Barang yang dipesan pun dapat dalam jumlah besar maupun kecil. Melalui jasa pos atau perusahaan jasa pengiriman lainnya, barang-barang dapat didistribusikan secara cepat baik lewat transportasi darat, air, maupun udara.

     Globalisasi sangat membutuhkan transportasi dalam proses perkembangannya. Seiring dengan kebutuhan akan alat transportasi banyak pengusaha melakukan inovasi dalam penerapan transportasi tersebut. Mereka berusaha melakukan berbagai inovasi. Contohnya, penggunaan teknologi otomatis dalam mobil, penggunaan radar, pendeteksi kecepatan lalu lintas di depan sehingga mobil dapat mengurangi kecepatan dengan sendirinya, dan sebagainya. Inovasi dari angkutan public seperti kereta, bus, pesawat, ataupuan kapal laut juga tidak kalah mengagumkan. Saat ini bus mempunyai inovasi yang sangat menarik bagi pemakainya, salah satunya bus dengan free wifi.

     Globalisasi transportasi dapat kita contohkan di negara Jepang. Jepang alat transportasi seperti kereta api, shinkansen, subway, bus, komuter dan taksi merupakan sarana transportasi dari penduduknya. Bus di Jepang juga dilengkapi dengan teknologi modern yang membuat penumpangnya tidak akan tersesat. Untuk transportasi pesawat, Jepang menggunakan system navigasi agar pesawat tidak tersesat, penel instrument navigasi pada kokpit pesawat memberikan berbagai informasi system navigasi baik arah ataupun ketinggian. Apakah kamu sudah paham tentang globalisasi yang terjadi di bidang transportasi?\\\

     Apakah yang mendorong terjadinya globalisasi di transportasi? Beberapa factor membuat globalisasi di bidang ini menjadi semakin berkembang sebagai berikut:

  1. Manusia menginginkan perubahan karena mereka menuntut hidup yang lebih mudah dan praktis.
  2. Perkembangan di bidang telekomunikasi yang membuat perkembangan.
  3. Perkembangan di bidang telekomunikasi yang membuat perkembangan alat transportasi diberikan dengan cepat M b ke seluruh penjuru dunia.

       TUGAS

  1. Temukan globalisasi di bidang budaya di sekitar tempat tinggal kalian !
  2. Tulislah satu alat komunikasi tradisional dan satu alat komunikasi modern !
  3. Berilah satu contoh kegiatan ekonomi (cara pemenuhan kebutuhan) ala  pandemi covid-19 !
  4. Tuliskan perkembangan iptek yang pengaruhnya besar terhadap sebagian besar masyarakat di dunia !
  5. Berikan satu contoh alat transportasi tradisional dan modern baik darat, laut maupun udara!
Buat situs web Anda dengan WordPress.com
Mulai
%d blogger menyukai ini: