MATERI-9

 KONDISI ALAM NEGARA AUSTRALIA

  • lokasi

     Australia terletak pada 10oLS – 43oLS dan 113oBT – 155oBT.

  • Iklim

          Iklim di Australia bervariasi karena wilayahnya sangat luas. Australia berada pada tiga wilayah lintang, yaitu lintang tropis, subtropis dan sedang. Wilayah Australia yang masuk lintang tropis berada pada 11oLS –  23,5oLS,lintang subtropis 23,5oLS – 35oLS dan wilayah lintang sedang 35oLS – 44oLS. Dari arah tropis ke lintang sedang suhu udaranya terus menurun.

           Wilayah Australia yang berada pada lintang tropis, suhu udaranya berkisar antara 21oC – 27oC. Curah hujan di wilayah tropis, khususnya yang dekat dengan pantai jauh lebih besar dibandingkan daerah pedalamannya, paling sedikit 1.000 – 1.500 mm.

           Di kawasan iklim lembab subtropis, suhu rata-rata tahunan antara 16oC dan 21oC. Rata-rata curah hujan antara 500 – 1.500 mm/tahun. Di kawasan iklim sedang dan lembab, suhu tahunan berkisar antara 10oC – 16oC. Curah hujan bervariasi umumnya antara 250 – 1.000 mm/tahun.

           Di samping iklim tersebut, terdapat iklim padang pasir. Sebagian pedalaman Australia memiliki curah hujan yang sangat rendah, sehinggan terdapat gurun atau padang pasir yang sangat luas. Curah hujannya kurang dari 250 mm/tahun, bahkan ada yang tidak hujan selama beberapa tahun. Suhu berkisar antara 16oC – 27oC.

  • Bentuk Muka Bumi.

      Di Australia terdapat empat bentuk muka bumi , yaitu Dataran Pantai (Coastal Plains), Dataran Tinggi Timur (Eastern Highlands), Dataran Rendah Tengah (central lowlands), dan Plato. Dataran pantai terdapat di bagian timur Australia yang memanjang dari Queensland sampai Victoria. Wilayah ini merupakan wilayah terpadat di Australia.

       Dataran Tinggi Timur atau disebut juga The Great Dividing Range terletak di bagian timur Australia. Wilayahnya memanjang sejauh 3.500 km dari Cape York Peninsula sampai Tasmania. Wilayah ini terdiri atas lembah atau jurang yang curam namun merupakan yang tersubur di Australia.

       Dataran Rendah Tengah memiliki ciri sangat datar, ketinggian sekitar 200 m di atas permukaan laut, tersusun atas batuan yang berusia tua, sangat kering dan sangat panas (memiliki gurun dan semi gurun). Dataran Rendah Tengah meliputi ¼ bagian dari Benua Australia.

       Plato bagian barat mencakup 1/3 luas Benua Australia. Kondisi iklimnya sangat kering dan semi kering serta tersusun oleh batuan beku purba dan batuan metamorf.

  • Kondisi geologi.

Australia memiliki sejumlah potensi sumber daya alam seperti minyak dan gas, bauksit, bau bara, bijih besi, intan, aluminium, tembaga, emas, mangan. Lithium, bijih mangan, posfat, nikel, vanadium, zinc, perak dan uranium. Poduksi batu baa Australia merupakan yang terbesar kedua setelah Republik Geinea dan urutan kelima di dunia sebagai produsen aluminium. Batu bara hitam Australia menempati peringkat kelima dunia setelah Amerika Serikat, Rusia, China dan India. Australia juga memilik i sumber daya emas terbesar di dunia, berikutnya Afrika Selatan dan Rusia.

  • Flora dan Fauna.

 Posisi geografis yang terisolasi membuat negara ini memiliki keunikan flora dan faunanya. Sekitar 80% dari tanaman bunga, mamalia, reptil dan katak adalah khas Australia.

 Vegetasi yang umumnya ditemui di Australia adalah vegetasi yang telah beradaptasi dengan kondii kering. Vegetasi yang dominan adalah rumput hummock yang umumnya di Australia Barat, Australia Selatan, Australia Utara. Pada wilayah Australia Timur, hutan eukaliptus lebih umum dijumpai. Di barat dapat dijumpai hutan akasia dan semak belukar.  menjadi symbol

 Australia memiliki lebih dari 378 spesies mamalia, 828 spesies burung, 300 spesies kadal, 40 spesies ular dan 2 spesies buaya. Beberapa yang sangat terkenal dan menjadi symbol atau ikon Australia adalah kanguru, wallaby, koala dan setan Tasmania (Tasmania devil). Selain itu, Australia memiliki beberapa fauna asli seperti dingo, platypus, currawong, angsa hitam, kokaburra dan lybrid. Fauna lainnya adalah ular yang banyak ditemukan di Australia. Australia memiliki banyak ular berbisa. Bahkan, 21 dari 25 ular paling mematikan ada di Australia.

             Selain keanekaragaman hayati di daratan, Australia memiliki keanekaragaman hayati di       lautan. Australia memiliki 4.000 jenis ikan. Austrlia juga memiliki system terumbu karang terbesar di dunia yang bernama Great Barrier Reef. Beberapa  spesies di lautan Australia antara lain hiu putih besar, hiu paus raksasa dan ubur-ubur kotak (the box jellyfish) yang merupakan binatang paling berbisa di dunia.

  • Kondisi Penduduk.

 Jumlah penduduk Australia mencapai 23,9 juta (WPDS,2015) dengan angka pertumbuhan memcapai 1,15 %. Jumlah penduduk Australia tersebut relative kecil jika dibandingkan wilayah Australia yang sangat besar. Kepadaan penduduk Australia hanya 3,1 orang /km2. Sekitar 89 % penduduknya tinggal di daerah perkotaan.

   Penduduk asli Australia adalah Suku Aborigin. Penduduk lainnya adalah pendatang dari berbagai negara dan benua. Rata-rata ada 393 pendatang atau imigran per hari ke Australia. Struktur penduduk Australia berdasarkan usia menunjukkan bahwa 18,3 % penduduknya berada di bawah usia 15 tahun, 6q7,7 % berusia 15-64 tahun dan 14 % berusia 65 tahun atau lebih. Ini menunjukkan angka angka ketergantungan sebesar 20,7 %.

 TUGAS

  1. Kondisi alam Australia membawa pengaruh terhadap komoditas yang dihasilkannya. Deskripsikanlah hubungan antara keadaan alam Australia dan komoditas yang dihasilkannya !
  2. Kondisi alam Australia juga mempengaruhi distribusi penduduk Australia. Deskripsikanlah hubungan antara kondisi alam Australia dengan sebaran penduduknya !
Buat situs web Anda dengan WordPress.com
Mulai
%d blogger menyukai ini: