Materi-15

DINAMIKA PENDUDUK AUSTRALIA

     Pada tahun 2015 penduduk Australia mencapai 23.900.000 jiwa. Pada tahun 2005 jumlah penduduknya 20.400.000 jiwa atau tejadi penambahan sebesar 3.500.000 jiwa dalam kurun waktu 10 tahun. Jumlah penduduk Australia memang jauh lebih kecil jika dibandingkan benua lainnya.

     Penambahan jumlah penduduk Australia terjadi karena adanya kelahiran yang mencapai 13 kelahiran tiap 1.000 penduduk. Angka kematiannya adalah 7 kematian tiap 1.000 penduduk. Australia juga menjadi negara tujuan migrasi dari berbagai negara lainnya, sehingga migrasi neto negara ini mencapai angka 8.

     Meskipun Australia merupakan negara yang luas, tetapi sedikit daerah yang cocok untuk daerah hunian. Daerah-daerah yang paling sesuai untuk hunian adalah daerah pantai yang iklimnya nyaman dan curah hujannya cukup. Daerah pantai Australia sebelah Utara tidak dihuni oleh banyak penduduk karena iklim tropisnya sangat kering, sedangkan daerah pedalaman dan daerah pantai Barat Australia terlalu gersang. Kebanyakan orang Australia, yakni lebih dari 85% tinggal di kota kecil dan kota besar. Kota-kota tersebut pada umumnya terletak di tepi pantai.

     Australia merupakan negara sekaligus benua dengan kualitas penduduk yang sangat tinggi. Salah satu indicator kualitas penduduk yaitu angka harapan hidup menunjukkan kategori tinggi, yaitu 82 tahun. Ini menunjukkan penduduk Australia memiliki kondisi kesehatan yang baik. Pndapatan penduduk Australa juga tergolong tinggi yang mencapai 42.880 dola (WPDS,2015).

     Sebagian besar (92%)npenduduk Australia adalah bangsa kulit putih atau ras Kaukasoid, selebihnya adalah dari Asia (7%), Aborigin dan lainnya (1%). Bangsa kulit putih umumnya adalah dari Eropa yang sebagian besar berasal dari Inggris dan Irlandia, sisanya dari Italia, Belanda dan Skotlandia, Jerman dan Yunani. Penduduk yang berasal dari Asia, sebagian besar dari Cina dan India.

     Australia memiliki budaya yang beragam. Budaya Australia terdiri atas budaya suku asli yaitu suku Aborigin dan penduduk Selat Torres, serta budaya suku pendatang. Banyaknya penduduk pendatang di Australia memperkaya budaya Australia. Karena sebagian besar penduduk pendatang berasal dari Eropa, maka budaya Eropa tampak lebih dominan. Salah satunya adalah dalam hal penggunaan bahasa. Bahasa nasional Australia adalah Bahasa Inggris. Semua penduduk di Australia didorong untuk menguasai Bahasa Inggris.

     Sebagian besar penduduk Australia beragama Kristen Protestan (61%), Budha (2,5%), Islam (2,2%), Hindu (1,3%) dan sejumlah agama lainnya. Besarnya penduduk yang beragama Kristen tidak lepas dari banyaknya penduduk Australia yang berasal dari Inggris dan negara lainnya di Eropa. Walaupun demikian agama dan kepercayaan penduduk asli juga dihargai dan diberi kebebasan untuk menjalankannya.

TUGAS

  1. Deskripsikan sebaran penduduk Australia apakah tersebar merata atau tersebar di wilayah trtentu.
  2. Sebaran penduduk dipengaruhi oleh banyak factor. Buatlah deskripsi, factor apa saja yang mempengaruhi sebaran penduduk Australia ?
  3. Buatlah tulisan tentang budaya suku asli Australia yaitu Suku Aborigin dan penduduk Selat Torres. Lengkapi tulisan dengan ilustrasi gambar !  

Buat situs web Anda dengan WordPress.com
Mulai
%d blogger menyukai ini: